CARA MEMBEDAKAN BATU MUTIARA ASLI DAN SINTETIS (IMITASI)

Pada kesempatan kali ini saya akan mengulas tentang cara membedakan batu mutiara asli dan sintetis (imitasi). Batu mutiara merupakan benda yang dihasilkan oleh penghuni laut atau sungai yaitu siput atau kerang yang nama latinnya lamellibranchiata atau orang sering menyebutnya dengan nama kerang tiram. Jadi bukan sembarang kerang atau kerang yang biasa dimakan orang dagingnya.


cara membedakan mutiara asli dan sintetis (imitasi)

Batu mutiara merupakan salah satu perhiasan manusia sejak ribuan tahun dan sampai sekarang masih di gemari. Mutiara biasanya digunakan sebagai asesoris seperti gelang, kalung, cincin, maupun bentuk perhiasan lainnya. Batu ini memiliki nilai kekerasan sampai 6 sekala mohs.

Dengan kesempurnaan bentuk dan keindahan kilauan mutiara orang dapat menilainya dengan harga yang tinggi, karena harganya yang lumayan tinggi banyak oknum yang tidak bertanggung jawab memalsukannya. Bahkan tidak sedikit batu mutiara yang beredar di pasaran adalah batu mutiara sintetis (imitasi). Oleh karenanya kita harus berhati-hati dalam membeli perhiasan batu mutiara. Jangan tertipu akan kilauan mutiara dengan harga yang murah. Tapi jangan kuatir pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tips mengenai cara membedakan mutiara asli dan iimitasi. langsung saja berikut tipsnya

Batu mutiara asli

Cara membedakan batu mutiara asli dan sintetis (imitasi)

  1. Gosok batu mutiara pada permukaan gigi atau digigit, apabila terasa kesat atau berpasir dan tidak rata bahkan bila gigi kita sensitif akan terasa ngilu saat di gosokkan berarti mutiara ini asli. sedangkan apa bila saat di gosokkan pada permukaan gigi terasa halus dan licin sudah dapat dipastikan bahwa mutiara ini sintetis (imitasi)
  2. Pada mutiara asli memiliki kilau sinar dari dalam dan permukaan yang alami sehingga mutiara terlihat bening, sedangkan yang imitasi memiliki permukaan yang merata dan bisa dilihat seperti semprotan pewarna pada permukaannya.
  3. Batu mutiara asli memiliki berat sesuai dengan ukurannya, dan lebih berat dari mutiara sintetis (imitasi)
Demikian tips cara membedakan matu mutiara asli dan sintetis (imitasi) semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan kita mengenai batu mulia.

0 Response to "CARA MEMBEDAKAN BATU MUTIARA ASLI DAN SINTETIS (IMITASI)"

Popular Posts