BATU PERMATA MIRAH WINDUSARA

BATU PERMATA MIRAH WINDUSARA





Batu permata mirah windusara

Pada postingan kali ini saya akan membahas sedikit tentang batu permata mirah windusara. Permata windusara merupakan batu mulia dengan jenis batu mirah atau Robijn atau Ruby adalah batu yang tergolong dalam batuan Curundum mineral (Korund) dan memiliki nilai kekerasan 9 mohs, batu ini juga memiliki berat jenis 3,99-4.00.

Batu mirah windusara

Batu ini khususnya di pulau bali dinamakan Batu permata windusara mempunyai ciri berwarna merah ada titik putih seperti biji delima kalau di luar bali sering disebut dengan mirah delima,bila dicelupkan kedalam segelas air maka air dalam gelas akan berubah warna menjadi merah .Khasiat dari batu ini sangat tinggi sehingga menjadi barang pujaan/ disakralkan. Batu ini sangat jarang ditemukan dan sangat jarang ada orang menjualnya dan andaikan ada harganya amat tinggi. Orang bali percaya bahwa batu ini adalah anugrah (paica) dari hyang kuasa, oleh karenanya sangat jarang diperjual belikan dan biasanya hanya dimiliki oleh raja-raja Bali.

Han Sam Kay merupakan pengemar batu permata ia adalah anggota Gemmological Association Of Great Britain, dan sekali berbicara tentang mirah bliau sungguh sangat terpesona melihat keindahan mahkota raja bali. Ditengah mahkota itu dihias dengan sebutir Han Ruby dan di Bali dikenal dengan mirah Windusara, batu mirah besar berbintang enam tajam sekali, warnanya merah bergaris sutra putih. Kata beliau belumpernah melihat bandingannya di seluruh indonesia.

Batu mirah windusara

Di Negeri Inggris tepatnya di Tower of London Museum mahkota-mahkota Raja Inggris dan barang-barang perhiasan kerajaan. Bliau (HAn Sam Kay) pernah melihat sejenis Ruby besar, tetapi tidak sedemikian indahnya seperti Han Ruby dari Bali. Batu mirah yang menghias Imperal State Crown ini mula-mula dikira mirah ( Curundum), namun kemudian menurut penelitu para ahli batuan menyimpulkan bahwa batu mirah tersebut merupakan Spinel, jadi dengan sendirinya nilainyapun berkurang bila dibandingkan dengan HanRuby mahkota Raja Bali yang mempunyai riwayat yang megah.

Khasiat dari batu permata mirah windusara

Di Bali batu mirah windusara kerap digunakan /dipakaikan orang yang telah meninggal dunia, mulutnya dipasangi batu permata ini, hal ini dimaksud supaya jenasah tidak berbau busuk dan cara memasangnyapun tidak boleh menggunakan tangan melainkan dengan mulut. Batu ini juga dipercaya  berkhasiat untuk mendatangkan banyak rejeki, sangat cocok digunakan oleh seorang peminpin karena dapat meningkatkan kewibawaan dan kesejahteraan.

Demikial sekilas mengenai batu permata mirah windusara, semoga dapat menambah wawasan kita mengenai batu permata mulia.

1 Response to "BATU PERMATA MIRAH WINDUSARA"

Popular Posts