CARA MEMBEDAKAN BATU PERMATA ASLI DAN PALSU

CARA MEMBEDAKAN BATU PERMATA ASLI DAN PALSU


Batu permata palsu /imitasi atau tiruan akhir-akhir ini semakin banyak yang dipasarkan. untuk itu para peminat agar berhati-hati dalam memilihnya. contohnya batu Intan memang begitu berkilau dan menarik, berkat kemajuan teknologi zaman sekarang kita yang awam sangat sulit membedakan batu permata asli atau imitasi.

cara membedakan batu permata asli dan palsu

Orang yang ahli dalam dalam biadang batu mulia biasanya meneliti batu Intan dengan memperhatikan api, ketinggian kilauan,dan tepi-tepi fasetnya. batu permata yang asli memiliki kekhasan sendiri yang menjadi cirinya, seperti batu Intan mudah menarik lemak. Oleh karena itu, Batu Intan sangat sulit dibersihkan dari kotoran lemak.





cara membedakan batu permata asli dan palsu

Jika dilihat dengan mata biasa, orang akan sangat sulit membedakan apakah batu permata itu asli atau palsu. apalagi mata orang awam, orang yang ahli saja harus memeriksanya dengan mempergunakan kaca pembesar, terutama jika batunya sudah dalam bentuk perhiasan. Kalau batu Intannya masih lepas atau belum dijadikan perhiasan orang dapat memeriksanya lebih sempurna, termasuk juga menimbang beratnya. Kalau besarnya sama, intan imitasi akan lebih beratSelain kaca pembesar ada pula alat lain yang dapat digunakan untuk meneliti Batu permata berupa lampu ultraviolet. Batu Intan adalah mineral yang memiliki sifat flourrescent (memancarkan cahaya bila terkena sinar). Oleh karenanya, jika di batu Intan diletakkan dibawah sinar itu, batu ini akan memancarkan sinar yang berwarna putih, biru, hijau atau kuning. jika tidak demikian akan ketahuan imitasinya.   


cara membedakan batu permata asli

Ada juga alat pemeriksa keaslian batu permata yang mutakhir yang dinamakan Diamond selektor. Alat ini digerakkan dengan baterai atau listrik, ada lampu kecil yang berwarna merah dan hijau berikut jarum meter, benda ini berbentuk seperti pena. Cara menggunakan sangat mudah. Batu permata tidak usah dilepas dari bingkainya, cukup dengan alat seperti pena ini. Apa bila Batu Intan Ini asli, jarum akan bergerak dan lampu hijaunya menyala lalu keluarlah suara (beep beep beep ).  Apabila Batu Intannya imitasi, jarumnya tidak bergerak, lampu hijau tidak menyala, dan tidak ada suara.


Diamond selektor

Selain itu juga untuk menguji batu-batu mulia palsu atau asli ada berbagai macam cara yang agak sulit diperhatika oleh orang-orang awam bahkan ahli. akan tetapi, ada macam ujian yang sederhana. perhatikan batu-batu mulia itu pada urat-urat alami yang tampak, sedangkan untuk menguji batu Zamrud atau batu emerald yang hijau harus menggunakan emerald filter. Dengan alat ini orang dapat dengan cepar mengetahui apakah Zamrud itu palsu atau asli. Dalam teropong dengan filter itu, zamrud yang tulen tampak merah, sedangkan kalau batu biasa yang di hijaukan tetap hijau.



cara membedakan permata asli dan palsu

Demikian artikel mengenai cara membedakan batu permata asli dan palsu, semoga dapat menambah wawasan kita.

0 Response to "CARA MEMBEDAKAN BATU PERMATA ASLI DAN PALSU"

Popular Posts